Jumat, 20 April 2012


MAKALAH ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR
MANUSIA DAN MORALITAS


Disusun oleh :
Joddy Christyawan    21030111130063
Luqman Hakim    21030111130064
Winda Putri Haryanti    21030111130067


JURUSAN TEKNIK KIMIA FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS DIPONEGORO
SEMARANG
2012


BAB I
PENDAHULUAN
Joddy Christyawan – 21030111130063
Luqman Hakim – 21030111130064
Winda Putri Haryanti – 21030111130067Joddy Christyawan – 21030111130063
Luqman Hakim – 21030111130064
Winda Putri Haryanti – 21030111130067Joddy Christyawan – 21030111130063
Luqman Hakim – 21030111130064
Winda Putri Haryanti – 21030111130067
1. Latar Belakang Masalah
Moral merupakan suatu sifat penting yang harus dimiliki seorang manusia dalam kehidupannya. Sifat ini memiliki peran penting dalam menentukan baik buruknya karakter manusia. Akan tetapi, saat ini moral atau moralitas manusia mulai mengalami kemerosotan, bahkan masyarakat Indonesiapun mengalami kemerosotan moral atau dapat dikatakan sebagai kehancuran moral bangsa Indonesia.
Hal ini disebabkan banyak pemberitaan tentang praktek-praktek korupsi, kolusi dan nepotisme yang dilakukan hampir seluruh kalangan, baik elit maupun masyarakat lapisan bawah. Praktek KKN sudah menjadi hal yang lumrah di negeri yang kita cintai ini. Selain itu banyaknya konflik yang terjadi di masyarakat yang disebabkan oleh unsur suku, adat, ras, dan agama menambah buruk catatan anak-anak bangsa.
Melihat kondisi bangsa saat ini, kita diingatkan dengan perkataan Bung Karno “ dulu para pahlawan berperang melawan penjajahan asing, sekarang kalian berperang melawan bangsa sendiri”. Hal tersebut memang terjadi pada bangsa ini. Para elit politik melakukan berbagai cara untuk mencari kekuasaan tanpa mempedulikan nasib rakyat. Hal ni dapat terlihat pada wakil-wakil yang berada di gedung megah senayan yang mengtasnamakan rakyat tetapi tidak mewakili rakyat, yang ada hanyalah kepentingan-kepentingan golongan. Para eksekutif pun melakukan hal yang sama dimana banyak menyalahgunakan wewenang tanpa ada tanggung jawab lebih atas apa yang dipimpinnya. Selain legislatif dan eksekutif, lembaga yang dipercaya untuk menegakkan keadilan pun melakukan hal yang tidak adil. Banyak aparat penegak hukum baik hakim, jaksa maupun polisi melakukan praktek makelar kasus dan suap. Dari kondisi-kondisi tersebut dapat disimpulkan adanya kemerosotan moral yang terjadi pada kalangan elit dan aparat di negeri ini.
Tidak hanya di kalangan elit legislative, eksekutif, dan yudikatif, kehancuran moral pun sudah terjadi di generasi-generasi penerus bangsa. Kecurangan dan ketidakjujuran sudah diajarkan kepada generasi yang menjadi penerus kemerdekaan bangsa Indonesia. Hal ini dapat dilihat ketika para pelajar melakukan ujian nasional demi mengincar kelulusan. Berbagai cara dilakukan seperti contek masal, jual-beli jawaban dan kebocoran soal UN. Selain di kalangan pelajar, kaum-kaun intelektual yang disebut mahasiswa juga sering melakukan hal-hal yang tidak bermoral, dimana plagiatisme menjadi sesuatu yang lumrah atau biasa terjadi. Kondisi ini membuat hati kita teriris melihat kehancuran moral yang terjadi.
Melihat kondisi-kondisi yang telah duraikan diatas, membuat kita putus asa dan beranggapan bahwa negara ini akan hancur secara perlahan. Berdasarkan uraian di atas, maka dalam makalah ini kami akan membahas tentang hakikat manusia, hakikat dari moralitas, hubungan anatara manusia dan moralitas, pentingnya moralitas dalam kehidupan bermasyarakat, serta study kasus mengenai manusia dan moralitas.
I.2. Rumusan Masalah
Adapun dalam makalah ini penulis mengangkat masalah berikut ini:
1.      Apakah pengertian dari manusia?
2.      Apakah pengertian dari moralitas?
3.      Bagaimana hubungan antara manusia dan moralitas?
4.      Apakah pentingnya moralitas dalam kehidupan bermasyarakat?
5.      Bagaimana salah satu contoh study kasus tentang manusia dan moralitas beserta dan menjabarkan solusinya?
I.3. Tujuan Makalah          
Adapun tujuan dari makalah ini adalah:
1.      Mengetahui pengertian manusia secara umum.
2.      Mengetahui dan menjabarkan pengertian dari moralitas.
3.      Mengetahui dan menjabarkan hubungan antara manusia dan moralitas.
4.      Mengetahui pentingnya moralitas dalam kehidupann bermasyarakat.
5.      Mengetahui contoh study kasus tentang manusia dan moralitas beserta solusinya.
I.4. Manfaat Makalah
Adapun manfaat dari makalah ini adalah:
1.      Menjadi referensi tentang hakikat mengenai manusia dan moralitas
2.      Sebagai pemacu semangat bangsa Indonesia untuk membangun kembali moralitas yang sudah mulai luntur.

BAB II
                                                             PEMBAHASAN
II.1. Pengertian Manusia
Secara bahasa manusia berasal dari kata “manu” (Sansekerta), “mens” (Latin), yang berarti berpikir, berakal budi atau makhluk ang berakal budi (mampu menguasai makhluk lain). Secara istilah manusia dapat diartikan sebuah konsep atau sebuah fakta, sebuah gagasan atau realitas, sebuah kelompok (genus) atau seorang individu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar